www.lintasblog.com

Masih Suka Makan Sendirian? Inilah 3 Alasan Kenapa Kamu Harus Mulai Cari Teman Makan from review's blog


Cari teman makansekarang, hidup sehat kemudian.

 

                Kamu mungkin seseorang yang sudah mandiri dan terbiasa melakukan semuanya sendiri. Olahraga sendiri, belanja sendiri, ke bengkel sendiri, bahkan kamu pun sudah terbiasa makan tanpa ditemani siapapun. Tidak ada yang salah dengan kemandirian kamu itu. Tetapi, kalau kamu mau mulai cari teman makan, kamu akan mendapatkan beberapa manfaat menguntungkan seperti yang sudah kita rangkum di bawah ini.

  1. Risiko Terkena Sindrom Metabolik Lebih Rendah

            Apa sih sindrom metabolik atau sindrom metabolisme itu? Mudahnya, sindrom metabolik adalah suatu gejala dimana metabolik dalam keadaan abnormal dan menjadi risiko yang mengancam kondisi hidup. Sindrom metabolik tersebut diantaranya adalah kumpulan gangguan kesehatan berbahaya seperti serangan jantung, stroke, dan diabetes.

            Hal ini bukanlah kelakar dan omong kosong biasa lho. Sebuah penelitian dari Korea Selatan yang dilakukan oleh Obesity Research and Clinical Practice telah mengungkapkan hasil yang sama pada tahun 2013. Orang yang makan sendirian minimal dua kali dalam sehari terbukti lebih rentan mendapat serangan jantung, gangguan stroke, dan juga diabetes hingga 3x lipat dibanding mereka yang makan bersama teman.

            Cari teman makantentu lebih mudah dan menyenangkan daripada harus dihantui bahaya kesehatan seperti itu, bukan?

2.                 Teman Makan Akan Membantu Program Dietmu

            Mau program dietmu berhasil? Mulai cari teman makansekarang juga. Makan bersama teman terbukti bisa menyukseskan program dietmu daripada kamu menjalani program diet seorang diri saja.
            Alasannya bisa bermacam - macam. Pertama, makan bersama teman akan membuatmu makan dengan porsi lebih sedikit dari biasanya. Mengapa hal itu bisa terjadi? Ketika kita makan bersama teman, kita tentunya akan melihat lebih banyak porsi makanan di meja. Hal ini akan menimbulkan efek psikologis dan ilusi seolah - olah kita sedang mengonsumsi banyak makanan. Dengan begitu, akan muncul ilusi seolah kita sudah merasa kenyang dan merasa cukup dengan apa yang terhidang di depan kita.

            Kedua, kamu bisa berbagi porsi bersama temanmu. Biasanya, ketika kita sudah selesai makan sendirian di sebuah rumah makan, kita tiba - tiba merasa tergoda untuk memesan menu sampingan lainnya karena masih lapar mata. Karena tergoda, kita akhirnya memesan seporsi menu tersebut lalu tanpa sadar menghabiskannya sendirian.

Nah, jika mau terhindar dari hal - hal macam ini, cari teman makansaja deh mendingan. Dengan begitu kamu bisa berbagi porsi dan tidak perlu menghabiskan seporsi menu tambahan seorang diri saja.

Ketiga, teman makanmu akan menjadi pengingat yang baik untuk mengendalikan nafsu makanmu yang terkadang meledak - ledak di tengah proses diet. Teman makanmu bisa mengingatkan soal pilihan menu makananmu. Apalagi, kalau teman makanmu juga sedang diet. Kalian bisa saling mengingatkan soal makanan sehat bahkan bikin menu sehat bareng juga lho!

3.                 Mengusir Hormon Penyebab Stres

            Kamu mungkin sering merasa bahwa hidupmu sekarang sedang terjebak dalam sebuah rutinitas. Bangun pagi, menghadapi padatnya jalanan, duduk di depan layar menghabiskan tumpukan kerjaan yang seperti tidak habisnya, dan begitu terus terulang setiap hari.

            Keluar sejenak untuk makan siang dan cari teman makanuntuk duduk makan siang bersama bisa jadi cara paling murah, mudah, dan menyenangkan untuk ‘kabur’ sejenak dari rutinitas kamu itu. Setelah di depan layar sedari pagi, kamu akhirnya bisa bertemu dengan orang yang bisa kamu ajak bertukar cerita dan pikiran hingga tertawa bersama. Tanpa kamu sadari, hormon - hormon stres tersebut perlahan menghilang dari tubuhmu dan digantikan oleh semangat baru.

            Kamu terkadang memang perlu makan sendirian jika kamu sedang butuh waktu untuk dirimu sendiri. Tapi, jangan lupa untuk cari teman makandan rasakan berbagai kebaikannya.

           

           

 


Share:
Previous post     
     Next post
     Blog home

The Wall

No comments
You need to sign in to comment