www.lintasblog.com

User blogs

TESTINDO

Kali ini Testing Indonesia akan menjelaskan kepada seluruh teman teman tentang berbagai macam jenis Balancing Machine 


Balancing Machine merupakan sebuah alat ukur yang digunakan untuk menyeimbangkan pada bagian mesin yang sedang berputar, contohnya rotor untuk motor listrik, kipas anginturbindisk drive, rem cakram, baling baling dan mesin pompa. Biasanya terdapat dua tiang yang kuat pada mesin Balancing Machine, dengan sebuah suspensi dan bantalan yang terletak pada atas machine dapat mendukung dalam memproses platform mounting. Unit yang akan diuji akan melesat ke platform dan akan di putar dengan belt (sabuk), udara, atau pun dengan End Drive.  

  


Balancing Machine sendiri memiliki berbagai macam jenis, seperti : 

1. Vertical Balancing Machine 

Vertical Balancing Machine adalah mesin balancing dinamis yang digunakan untuk kedua tunggal dan dua pesawat balancing. Peng-konfigurasiaan secara vertikal, sangat cocok untuk top loading cepat shaftless, rotor shaftless datar seperti roda gaya, clutch, flexplates, dan kipas.  

 
 

2. Horizontal Balancing Machine 

 
Horizontal Balancing Machine yang diperuntukkan bagi rotor dari beberapa gram untuk berat maksimum 20,000kg dan 2450mm diameter. Sebagai produsen spesialis, mereka juga memproduksi kustom dan dinamis mesin balancing horisontal khusus untuk memenuhi hampir semua jenis rotor. 

 
 

3. Low Speed Balancing Machine 

Low Speed Balancing Machine untuk rotor kaku mesin berputar dalam kondisi yang tidak seimbang akan menghasilkan getaran yang tidak dapat diterima selama operasi. Getaran ini menyebabkan keausan yang berlebihan dan kemungkinan kerusakan pada mesin tergantung pada jumlah ketidakseimbangan dan durasi operasi. 
 


4. High Speed Balancing Machine 

High Speed Balancing Machine secara umum poros mesin berputar sedang skor menerapkan metode untuk rotor kaku. Biasanya ketidakseimbangan rotor yang kaku tidak berubah dalam rentang kecepatan mereka. Namun hal ini tidak berlaku bagi rotor dari turbomachinery (turbin, kompresor, genset dll). 

 
 

5. Turbo Charger Balancing Machine 


 

Turbocharger adalah sebuah kompresor sentrifugal yang mendapat daya dari turbin yang sumber tenaganya berasal dari asap gas buang kendaraan. Biasanya digunakan di mesin pembakaran dalam untuk meningkatkan keluaran tenaga dan efisiensi mesin dengan meningkatkan tekanan udara yang memasuki mesin. 

 

 

 

6. Turbine Balancing Machine 

Presisi Horizontal Mesin Balancing untuk Turbin Gas, Turbin Uap, & Aplikasi Turbin Anginmesin balancing horisontal dirancang untuk menyeimbangkan majelis mesin jet dan komponen, dan gas, uap, dan rotor turbin angin dari £ 35 (16 kg) hingga £ 66.000 (30.000 kg).

  
 

7. Impelle Balancing Machine 

Semua impeller, beberapa tahap rakitan rotor blower dan fans yang seimbang dengan spesifikasi pelanggan, dalam banyak kasus jauh di atas produsen peralatan spesifikasi asli. Toleransi keseimbangan ketat dapat secara signifikan mengurangi tingkat getaran yang secara dramatis akan mengurangi bantalan prematur dan memakai cincin. Ini harus secara substansial mengurangi waktu yang berarti antara perbaikan pompa. 

 
 

8. Roller Balancing Machine 

Roller Balancing Machine adalah sebuah alat ukur yang digunakan untuk menyeimbangkanpada bagian mesin yang sedang berputar, contohnya rotor untuk motor listrik, kipas angin, turbin, disk drive, rem cakram, baling baling dan mesin pompa. 
 


9. Multistage Balancing Machine 

Multistage Balancing Machine  
Dirancang khusus mengirimkan kekuatan mekanik dengan rendah getaran redaman 
Sensor tahan lama dan dapat diandalkan memiliki linearitas yang baik 
Kalibrasi permanen membawa akurasi tinggi dengan izin dari besar jumlah  
  ketidakseimbangan awal 
Belt-mengemudi menawarkan presisi tinggi dan operasi mudah 
Sistem ukur listrik canggih dan ramah antarmuka manusia-mesin 
Desain modular menawarkan berbagai aplikasi 
 


10. Dynamic Balancing Machine 

The DB1 dan jangkauan DB2 pesawat tunggal, mesin balancing statis. The DB3 dan DB4 dua pesawat, mesin balancing dinamis. Mesin-mesin pesawat tunggal yang sering digunakan untuk menyeimbangkan benda yang relatif datar seperti gerinda, pemotong blok, impeller, diamond polishing piring dll mesin dinamis dapat digunakan untuk menyeimbangkan komponen berputar, DB3 memiliki berat komponen maksimal 20 Kg, dan DB4 sekitar 45 Kg. 
 


11. Static Balancing Machine 

Static balancing machine merupakan sebuah alat ukur yang digunakan untuk menyeimbangkanpada bagian mesin yang sedang berputar, contohnya rotor untuk motor listrik, kipas angin, turbin, disk drive, rem cakram, baling baling dan mesin pompa. 
 


12. Vacuum Chamber Balancing Machine 

 
Vacuum balancing machine merupakan sebuah alat ukur yang digunakan untukmenyeimbangkan pada bagian mesin yang sedang berputar, contohnya rotor untuk motor listrik, kipas angin, turbin, disk drive, rem cakram, baling baling dan mesin pompa. 
 


13. Fan Balancing Machine 

Ini mesin balancing otomatis klem dan berputar bagian bawah kekuasaan sendiri. Dua-pesawat penyeimbang mengukur ketidakseimbangan dan menampilkan blade dan jumlah klip dibutuhkan untuk menyeimbangkan perakitan. 
 


14. Blower Balancing Machine 

Blower Wheel Balancer adalah HO-20. Memiliki stasiun tunggal, mesin balancing pengguna dikonfigurasi dan tooled untuk menyeimbangkan roda plastik kandang tupai blower beratnya mencapai £ 20. Kain kafan mengurangi windage untuk mengaktifkan toleransi lebih dekat untuk dicapai dan meningkatkan keselamatan operator dengan mencegah kontak dengan bagian yang berputar.
 




sumber : http://www.testingindonesia.com/article/detail/103/ketahui-berbagai-macam-balancing-machine

TESTINDO Aug 6 '15 · Rate: 5 · Tags: balancing machine
alatlabor


Wash bottle atau yang lebih di kenal dengan sebutan botol cuci ini merupakan alat yang berfungsi untuk membersihkan alat-alat laboratorium yang berukuran kecil.Botol ini mempunyai pipa kecil atau nozzle yang menjulur dari dalam botol hingga ke luar botol.Pipa kecil atau nozzle ini,berfungsi mengalirkan aquades.Aquades adalah cairan yang biasanya di pakai untuk melarutkan bahan.Wash bottle terbuat dari bahan plastik polietilen yang merupakan plastik berbasis fleksibel. Kebanyakan dari wash bottle mengandung tabung dip internal yang memungkinkan penggunaan yang fleksibel,yang artinya karena cara menggunakan wash bottle adalah menekan atau meremas botolnya berulang kali maka wash bottle tersebut pun akan kembali seperti  bentuk semula.


Lebih Lanjut...

TESTINDO

Non Destructive Testing atau biasa dikenal dengan NDT, dengan menggunakan metode uji untuk menguji sebuah objek, bahan, sistem dengan tidak akan merusak kegunaan dimasa depan. Pengujian Non Destructive Testing sering  seringkali digunakan untuk memverifikasi kualitas suatu produk / sistem. Teknik yang umumnya digunakan oleh masyarakat sekitar adalah

 

 AET   - Acoustic Emission Testing

ART   - Acoustic Resonance Testing

EF     - Electromagnetic Testing

IRT   - Infrared Testing

LT     - Leak Testing

MT    - Magnetic Particle Testing

PT     - Dye Penetrant Testing

RT     - Radiographic Testing

UT     - Ultrasonic Testing

VT     - Visual Testing (VI - Visual Inspection)

 

 

AET - Acoustic Emission Pengujian

Akustik emisi pengujian mengambil keuntungan dari suara tajam yang PCCP memancarkan jika rusak atau slip untuk mengidentifikasi daerah-daerah tertekan aktif dalam konstruksi. AET dapat digunakan untuk memverifikasi integritas struktural kapal tekanan, bola, reaktor suhu tinggi dan pipa, drum kokas, di atas tangki penyimpanan tanah, tangki penyimpanan kriogenik dan banyak lagi. Pemeriksaan dilaksanakan secara eksternal dan shut-down proses mungkin sering tidak diperlukan.

 

ART - Acoustic Resonance Pengujian

Setelah dampak spesimen akan bergetar di mode karakteristik tertentu dan frekuensi yang dapat diukur oleh mikrofon atau laser yang vibrometer. Sonic akustik dan analisis resonansi ultrasonik adalah teknik pengujian non-destruktif yang memungkinkan pengujian berbagai benda uji. Kesalahan mendeteksi khas retak, rongga, lapisan terpisah, inkonsistensi materi, penyimpangan kekerasan dalam bahan.

 

ET - elektromagnetik Pengujian

Pengujian elektromagnetik adalah proses merangsang arus listrik dan / atau medan magnet di dalam benda uji dan mengamati respon. Sebuah cacat dalam benda uji dapat dideteksi di mana gangguan elektromagnetik menciptakan respon yang terukur.

 

IRT - Pengujian Infrared

Pengujian inframerah pada metode Non Destructive Testing ini merupakan metode yang menggunakan termografi, sebuah pencitraan dan pengukuran kamera inframerah, untuk melihat dan mengukur energi infra merah yang dipancarkan dari sebuah objek. Dapat digunakan untuk memanaskan pengembangan, kurangnya isolasi, dinding tipis pada konstruksi dan banyak lagi.

 

LT - Pengujian Leak

Teknik yang digunakan untuk mendeteksi dan menemukan kebocoran tekanan bagian penahanan, tekanan pembuluh, dan struktur. Kebocoran dapat dideteksi dengan menggunakan cairan penetran dan gas teknik, perangkat mendengarkan elektronik, pengukuran pengukur tekanan atau tes sabun-gelembung.

 

MT - Pengujian Magnetic Particle

Pengujian partikel magnetik pada metode Non Destructive Testing ini dilakukan dengan menginduksi medan magnet dalam bahan ferromagnetic dan kemudian membersihkan permukaan dengan partikel besi. Permukaan akan menghasilkan kutub magnet dan mendistorsi medan magnet sedemikian rupa sehingga partikel besi tertarik dan terkonsentrasi membuat cacat pada permukaan bahan terlihat.

 

PT - Dye Penetrant Testing

Pewarna pengujian penetran dapat digunakan untuk menemukan diskontinuitas pada permukaan material. Sebuah pewarna sangat menembus di permukaan akan memasuki diskontinuitas setelah waktu penetrasi yang cukup, dan setelah menghapus kelebihan dye dengan agen berkembang, cacat di permukaan akan terlihat.

 

RT - Uji Radiografi

Pengujian radiografi dapat digunakan untuk mendeteksi cacat internal di coran, pengelasan atau tempa oleh paparan pembangunan untuk x-ray atau radiasi sinar gamma. Cacat yang terdeteksi oleh perbedaan dalam penyerapan radiasi dalam materi seperti yang terlihat pada grafik bayangan ditampilkan pada film fotografi atau layar fluorescent.

 

UT - Ultrasonic Testing

Pengujian ultrasonik pada metode Non Destructive Testing ini menggunakan energi suara frekuensi tinggi untuk melakukan pemeriksaan dan membuat pengukuran. Ultrasonik pemeriksaan dapat digunakan untuk mendeteksi cacat / evaluasi, pengukuran dimensi, karakterisasi material, dan banyak lagi.

 

VT - Pengujian Visual (VI - Inspeksi Visual)

Pengujian visual atau inspeksi pada metode Non Destructive Testing ini menawarkan berbagai macam pilihan untuk mengamankan sistem yang tepat atau kualitas produk.


sumber : 
http://www.testingindonesia.com/article/detail/104/metode-non-destructive-testing-pada-pembangunan-atau-kontruksi

TESTINDO Aug 25 '15 · Rate: 5 · Tags: non destructive testing, testingindonesia
TESTINDO

Corrugated adalah bahan untuk pembuat kemasan barang, atau sering kita kenal dengan kardus.


Bahan ini biasanya berbentuk gelombang yang tebuat dari satu atau lebih lembar kertas kraft linear dan kertas medium sebagai lapisan gelombangnya. Lapisan yang bergelombang inilah yang menjadi ciri khas dari kardus karton gelombang yang berbeda dengan kardus karton lainnya. Corrugated merupakan bahan kemasan transport atau kemasan distribusi yang paling umum digunakan saat ini.

Setelah kedua bahan ini telah di gabungkan menjadi sebuah kardus yang memiliki tahan yang baik maka kita harus menguji kardus tersebut dengan Box Compression Tester yang dapat memberitahukan berapa beban yang dapat di tumpuk oleh kardus tersebut, semakin besar nilai Box Compression Tester maka kardus tersebut memiliki daya tahan yang cukup kuat untuk di tumpuk di atasnya. Penggunaan Box Compression Tester bisa menjadi standard anda yang harus dimiliki saat anda memproduksi kardus sebelum kardus tersebut benar benar digunakan atau di produksi secara masal


sumber : http://www.testingindonesia.com/article/detail/107/uji-kardus-berbahan-corrugated-dengan-box-compression-tester

TESTINDO Aug 30 '15 · Rate: 5 · Tags: box compression tester, bahan kardus, corrugated
TESTINDO

Sebuah AnchorRheometer adalah perangkat laboratorium yang digunakan untuk mengukur cara di mana cairan, suspensi atau bubur mengalir dalam menanggapi kekuatan diterapkan. Hal ini digunakan untuk cairan tersebut yang tidak dapat didefinisikan oleh nilai tunggal viskositas dan karena itu memerlukan lebih banyak parameter yang akan ditetapkan dan diukur dari adalah kasus untuk Viskometer. Mengukur reologi cairan.

 

Ada dua jenis khas yang berbeda dari rheometersRheometers yang mengontrol diterapkan tegangan geser atau geser regangan disebut rheometers rotasi atau geser, sedangkan rheometers yang berlaku stres ekstensional atau strain ekstensional yang rheometers ekstensional. Jenis rheometers rotasi atau geser biasanya dirancang baik sebagai instrumen ketegangan dikendalikan asli (control dan menerapkan strain ditetapkan pengguna geser yang kemudian dapat mengukur tegangan geser yang dihasilkan) atau instrumen stres yang dikendalikan asli (kontrol dan menerapkan ditetapkan pengguna tegangan geser dan mengukur regangan geser yang dihasilkan).

 

Kata Rheometer sendiri berasal dari bahasa Yunani, dan berarti alat untuk mengukur arus. Pada abad ke-19 itu biasa digunakan untuk perangkat untuk mengukur arus listrik, sampai kata itu digantikan oleh galvanometer dan ammeter.


sumber : www.testingindonesia.com/article/detail/106/kenali-sejarah-terciptanya-rheometer
TESTINDO Aug 27 '15 · Rate: 5 · Tags: rheometers
ridwan


Musim Panas adalah adalah waktu di mana sebagian besar dari kita (terutama di negara-negara yang mengalami 4 musim) akan melakukan liburan, bermain serta melakukan olahraga outdoor, dan sebagian besar akan pergi bersenang-senang di pantai. Akan tetapi, apakah mereka mempersiapkan juga rutinitas perawatan kulit untuk mereka selama berlibur atau melakukan aktivitas-aktivitas musim panas? Nah, Anda tidak boleh lupa bahwa panas matahari akan dapat menyebabkan banyak masalah kulit yang mungkin akan membuat Anda menyesal selama sisa hidup  jika Anda tidak berhati-hati menjaga dan merawat kulit Anda. Berikut ini adalah beberapa masalah kulit yang mungkin salah satunya akan Anda derita:

 

Terbakar Sinar Matahari (Sunburn)

Sunburn adalah salah satu masalah kulit yang akan Anda derita jika tidak menggunakan tabir surya sebelum keluar rumah dan terpapar sinar matahari terlalu lama.


Solusi : kompres dingin pada area yang mengalami sunburn dan jaga kelembabannya. Atau, Anda dapat juga mencoba pengobatan alami yaitu dengan mengoleskan madu pada area tersebut. Amdu mengandung zat anti-inflamasi sehingga dapat membantu menenangkan rasa sakit sementara dan juga dapat melembabkan kulit.

 

Kulit Sangat Kering dan Bersisik/Pecah-pecah

Solusi: Kulit yang dalam kondisi seperti ini menunjukan bahwa Anda tidak cukup terhidrasi (kekurangan air). Minum lah banyak air setiap harinya dan jaga kelembaban kulit Anda. Gunakan pelembab yang kuat terutama jika jenis kulit Anda adalah kulit kering. Tubuh Anda membutuhkan banyak air, dan sebaiknya Anda harus memberikan perawatan ekstra pada kondisi kulit seperti ini.


Bibir Pecah-pecah

Seperti kulit kering, bibir juga dapat mengering jika Anda tidak cukup minum air setiap harinya.

Solusi : Minum banyak air setiap hari minimal 8 gelas air agar tubuh terhidrasi dengan baik. Gunakan lip balm atau pelembab setiap hari bahkan sebelum Anda tidur. Seperti juga kulit, bibir juga perlu pelembab yang baik.


Jerawat

Masalah kulit ini sebagian besar terjadi pada mereka yang memiliki jenis kulit berminyak. Selama musim panas, Anda harus berhati-hati karena kondisi cuaca seperti ini dapat menyebabkan kulit akan terlalu berminyak. Dan kondisi seperti ini akan menjadikan kulit menjadi rentan terhadap jerawat yang disebabkan karena minyak dan kotoran yang menyumbat pori-pori kulit.


Solusi : terapkan 3 formula dasar perawatan harian untuk kulit, yaitu membersihkan, menggunakan toner, dan melembabkan. Cuci wajah Anda setidaknya dua kali sehari dan jangan lupa untuk melakukan pengelupasan (peeling/exfoliate) dua kali seminggu.


Bila selama musim panas Anda tidak ingin mengalami semua masalah kulit ini, maka Anda harus memastikan untuk merawat kulit Anda dan jangan lupa untuk melakukan rutinitas perawatan kulit harian dengan sungguh-sungguh.


 

ridwan May 5 '15 · Rate: 4 · Comments: 1 · Tags: kulit